Analisis STP (Segmenting, Targeting, Positioning) MySalad
Segmenting,
targeting, dan positioning atau STP adalah salah satu
strategi pemasaran untuk menentukan di area manakah sebuah bisnis akan
dioperasikan. Sesuai namanya, strategi ini didasarkan oleh tiga langkah, yaitu
mengidentifikasi segmen, menganalisis target pasar, serta menentukan posisi
yang tepat untuk menjalankan bisnis. Pada blog ini, MySalad akan
melakukan strategi STP yang sesuai dengan usaha yang dijalankan.
1. Segmenting
Segmentasi pasar adalah kegiatan
membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yang
memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang mungkin
membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda.
a. Demografis
MySalad mengincar pelanggan dari kalangan
usia 12- 40 tahun baik untuk pria maupun wanita terutama warga sekolah.
b. Geografis
MySalad menjual produknya di Kota Batam
terutama di daerah Sekolah Maitreyawira.
c. Psikografis
Produk MySalad cocok untuk orang-orang
yang menyukai buah sebagai camilan yang sehat dan enak.
d. Perilaku
Pelanggan yang diincar biasanya menyukai
buah-buahan dan makanan yang sehat juga enak yang cocok sebagai makanan
penutup.
2. Targeting
MySalad mengincar orang dengan usia
12- 40an baik pria maupun wanita dari kalangan menengah sampai menengah ke atas
yang berada di daerah Kota Batam terutama daerah Sekolah Maitreyawira. MySalad
juga mengincar pelanggan yang menyukai salad buah.
3. Positioning
MySalad memosisikan diri sebagai toko dengan
citra organik dan higienis juga menyehatkan dengan produk buah-buahan fresh.
Sekian
analisis STP yang dapat dilakukan terhadap online store MySalad, terima
kasih.
Komentar
Posting Komentar