Analisis STP (Segmenting, Targeting, Positioning) MySalad

 


Segmenting, targeting, dan positioning atau STP adalah salah satu strategi pemasaran untuk menentukan di area manakah sebuah bisnis akan dioperasikan. Sesuai namanya, strategi ini didasarkan oleh tiga langkah, yaitu mengidentifikasi segmen, menganalisis target pasar, serta menentukan posisi yang tepat untuk menjalankan bisnis. Pada blog ini, MySalad akan melakukan strategi STP yang sesuai dengan usaha yang dijalankan.

1.      Segmenting

Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yang memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda.

a.      Demografis

MySalad mengincar pelanggan dari kalangan usia 12- 40 tahun baik untuk pria maupun wanita terutama warga sekolah.

b.      Geografis

MySalad menjual produknya di Kota Batam terutama di daerah Sekolah Maitreyawira.

c.       Psikografis

Produk MySalad cocok untuk orang-orang yang menyukai buah sebagai camilan yang sehat dan enak.

d.      Perilaku

Pelanggan yang diincar biasanya menyukai buah-buahan dan makanan yang sehat juga enak yang cocok sebagai makanan penutup.

2.      Targeting

MySalad mengincar orang dengan usia 12- 40an baik pria maupun wanita dari kalangan menengah sampai menengah ke atas yang berada di daerah Kota Batam terutama daerah Sekolah Maitreyawira. MySalad juga mengincar pelanggan yang menyukai salad buah.

3.      Positioning

MySalad memosisikan diri sebagai toko dengan citra organik dan higienis juga menyehatkan dengan produk buah-buahan fresh.

Sekian analisis STP yang dapat dilakukan terhadap online store MySalad, terima kasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis SWOT Usaha MySalad

Marketing Mix MySalad