Analisis SWOT Usaha MySalad

 

MySalad adalah online store yang menjual salad buah dan online store ini dibuat berdasarkan tugas PKK yang diberikan kepada siswa/i SMK Maitreyawira jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran kelas XII. Produk MySalad terdiri dari buah mangga, apel, dan anggur, serta jelly kemudian dicampur dengan saus mayonais dan susu kental manis kemudian ditaburi dengan keju. Sampai saat ini, MySalad telah menjual lebih dari 50 pcs produknya dari kegiatan PO yang baru-baru ini mereka lakukan. Jadi, apa yang membuat MySalad dapat menjual produknya dengan baik? Berikut adalah hasil analisis SWOT yang dilakukan terhadap produk MySalad.



Analisis Strength (Kekuatan)

a.       Produk sehat karena memiliki buah di dalamnya

b.      Harga cenderung murah dan terjangkau jika dibandingkan dengan produk yang didapatkan

c.       Buah yang disediakan masih sangat segar karena buah dibeli tepat sebelum produksi

Analisis Weakness (Kelemahan)

a.       Produk tidak tahan lama

b.      Modal produk termasuk tinggi

Analisis Opportunity (Peluang)

a.       Promosi dilakukan melalui media sosial

b.      Melakukan penjualan secara door-to-door sehingga orang-orang mengenal produk

c.       Lokasi yang strategis

Analisis Threat (Ancaman)

a.       Produk mudah ditiru oleh pesaing bisnis

b.      Adanya penjual yang memasarkan salad buah dengan harga yang lebih murah

c.       Online store belum mampu untuk menerima lebih banyak pesanan karena kurangnya tenaga kerja

d.      Pembayaran dengan metode COD hanya bisa dilakukan di satu tempat (Sekolah)

Sekian analisis SWOT yang dapat dilakukan terhadap usaha MySalad, terima kasih.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis STP (Segmenting, Targeting, Positioning) MySalad

Marketing Mix MySalad