Marketing Mix MySalad

Marketng mix 7P adalah hasil perkembangan dari marketing mix 4P, yang dimana hanya mencakup empat elemen, yakni product, price, place, dan promotion. Adanya marketing mix akan sangat membantu dalam mengalokasikan dengan bentuk tanggung jawab untuk tiap bagian divisi dengan tugas masing-masing yang telah ditentukan. Berikut adalah analisis marketing mix yang dilakukan terhadap MySalad.

1.      Product

Produk yang dijual adalah salad buah dengan isi buah mangga, apel, anggur, dan jelly dengan berbagai rasa yang kemudian dicampurkan dengan mayonnaise dan susu kental manis, lalu ditaburi dengan keju.


2.      Price

Harga yang ditetapkan adalah Rp10.000,00 setelah dilakukan pertimbangan antara harga modal, sasaran konsumen, dan lokasi penjualan.

3.      Place

Tempat penjualan strategis dengan pusat di SMK Maitreyawira dan lokasi yang mudah dijangkau oleh transportasi online seperti Gojek maupun Grab.

4.      Promotion

Promosi yang dilakukan terdiri dari online dan offline. Promosi online dilakukan melalui Instagram dan Whatsapp, promosi offline dilakukan dengan menawarkan produk kepada orang-orang ketika MySalad sedang membuka PO.





5.      Physical Evidence

MySalad melakukan pelayanan yang memuaskan dengan penawaran produk, responsif, dan ramah. Packaging MySalad menggunakan plastik yang dapat digunakan kembali.



6.      People

Proses produksi dilakukan oleh tiga orang dengan jobdesk masing-masing. Pembagian tugas dilakukan dengan satu orang membeli bahan baku produk, kemudian dua orang lagi melakukan proses produksi.

7.      Process

Pembelian dapat dilakukan konsumen ketika MySalad membuka kegiatan pre-order, dengan pemesanan dilakukan melalui Instagram dan Whatsapp, juga secara langsung. Produk kemudian dikirimkan secara langsung bila pembeli berada di wilayah SMK Maitreyawira dengan pembayaran melalui transfer atau cash.



Sekian analisis yang dapat dilakukan, terima kasih^^

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis STP (Segmenting, Targeting, Positioning) MySalad

Analisis SWOT Usaha MySalad