Marketing Mix MySalad
Marketng mix 7P adalah hasil perkembangan dari marketing mix 4P, yang dimana hanya mencakup empat elemen, yakni product, price, place, dan promotion. Adanya marketing mix akan sangat membantu dalam mengalokasikan dengan bentuk tanggung jawab untuk tiap bagian divisi dengan tugas masing-masing yang telah ditentukan. Berikut adalah analisis marketing mix yang dilakukan terhadap MySalad.
1.
Product
Produk
yang dijual adalah salad buah dengan isi buah mangga, apel, anggur, dan jelly
dengan berbagai rasa yang kemudian dicampurkan dengan mayonnaise dan susu
kental manis, lalu ditaburi dengan keju.
2.
Price
Harga
yang ditetapkan adalah Rp10.000,00 setelah dilakukan pertimbangan antara harga
modal, sasaran konsumen, dan lokasi penjualan.
3.
Place
Tempat
penjualan strategis dengan pusat di SMK Maitreyawira dan lokasi yang mudah
dijangkau oleh transportasi online seperti Gojek maupun Grab.
4.
Promotion
Promosi
yang dilakukan terdiri dari online dan offline. Promosi online dilakukan
melalui Instagram dan Whatsapp, promosi offline dilakukan dengan menawarkan
produk kepada orang-orang ketika MySalad sedang membuka PO.
5.
Physical Evidence
MySalad
melakukan pelayanan yang memuaskan dengan penawaran produk, responsif, dan
ramah. Packaging MySalad menggunakan plastik yang dapat digunakan kembali.
6.
People
Proses
produksi dilakukan oleh tiga orang dengan jobdesk masing-masing. Pembagian
tugas dilakukan dengan satu orang membeli bahan baku produk, kemudian dua orang
lagi melakukan proses produksi.
7.
Process
Pembelian
dapat dilakukan konsumen ketika MySalad membuka kegiatan pre-order, dengan
pemesanan dilakukan melalui Instagram dan Whatsapp, juga secara langsung. Produk
kemudian dikirimkan secara langsung bila pembeli berada di wilayah SMK
Maitreyawira dengan pembayaran melalui transfer atau cash.
Sekian analisis yang dapat dilakukan, terima kasih^^
Komentar
Posting Komentar